Goa Pindul Wirawisata

foto Goa Pindul
Foto  mulut Goa Pindul di ambil dari dalam.













Cave Tubing Pindul, Goa Pindul

Mengisi liburan dengan mengunjungi tempat-tempat yang unik pastinya sangat menyenangkan,Refresing dan menambah pengetahuan, Goa Pindul Jogja bisa menjadi salah satu pilihannya.Objek Wisata Goa Pindul yang berada di Dusun Gelaran,Desa Bejiharjo,Wonosari,Gunungkidul, Yogyakarta yang booming saat iniWirawisata adalah salah satu provider resmi yang mengelola obyek wisata ini.
Sebaiknya anda membaca lebih jauh di Wirawisata Goa Pindul 

Dengan segala daya tarik keindahan alamnya membuat siapapun penasaran berkunjung ke tempat ini. Sebuah goa bawah tanah yang dialiri air menjadi daya tarik unik tersendiri dari obyek wisata ini.
 
Gua Pindul memiliki panjang sekitar 350 m, lebar hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m. Goa Pindul ini memiliki 3 zona. zona terang, zona remang, dan zona gelap. waktu tempuh sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Anda juga tidak perlu khawatir saat anda hendak menyusuri Goa,tempat ini sangat aman untuk segala usia,dari anak-anak hingga Usia lanjut sekalipun, karena air yang mengaliri Goa Pindul ini berasal dari mata air saja yang mengalir pelan meskipun musim hujan.

Dan didalam penyusuran Goa Anda akan melihat beberapa stalagtit dan stalagmit yang menghiasi Goa Pindul ini,Anda juga akan melihat beberapa cahaya batu kristal saat pemandu mengarahkan lampunya di batu tersebut. Ada juga batu yang disebut batu Perkasa dan batu Mutiara didalamnya,dan mempunyai mitos tersendiri,tentunya pemandu anda yang akan menjelaskan.

Setelah anda sampai di Lokasi kami yaitu Wirawisata,Anda boleh istirahat terlebih dahulu di pendopo-pendopo yang berada di Wirawisata. Selanjutnya anda membeli tiket di loket pendaftaran yang telah kami sediakan.

Jangan lupa juga untuk memakai pakaian yang siap basah. Penting untuk diingat,anda juga tidak perlu membawa barang-barang berharga kedalam obyek,karena dikhawatirkan basah atau terjatuh ke air.Dan akan sangat sulit diambil jika sudah terjatuh dikarenakan kedalaman air yang bervariasi.
Silahkan anda menitipkan barang-barang anda ditempat penitipan barang yang sudah kami sediakan.

Adapun persiapan dan langkah-langkah sebelum menyusuri Pindul adalah sebagai berikut :

Wisatawan diharuskan/wajib mengenakan jaket pelampung.
Jaket pelampung ini ada 3 ukuran di tempat kami yaitu:
1. Ukuran kecil,untuk anak-anak berusia dibawah 12 tahun.
2. Ukuran sedang,ukuran standart untuk dewasa mampu menahan berat badan hingga 100kg dalam keadaan basah.
3. Ukuran Jumbo,Big Size,mampu menahan berat badan lebih dari 120 kg.

Silahkan memilih ukuran yang sesuai dengan berat badan Anda. Kami juga menyediakan sepatu karet anti air jika anda ingin memakainya,tapi ini bersifat tidak wajib,atau anda boleh mengenakan alas kaki yang anda bawa sendiri.

Ruang peralatan masuk obyek wisata
Mengenakan Jaket Pelampung yang telah disediakan.
Sebelum berangkat silahkan untuk mengecek barang-barang anda kembali,di saku celana atau baju anda.
Selanjutnya anda berjalan dengan jarak kurang lebih 100m menuju Pindul dan membawa ban tubing,atau anda bisa meminta pemandu untuk membawakan ban tubing.

Sebelum sampai dilokasi biasanya anda diminta untuk berhenti sejenak untuk mendapatkan breafing dan pengarahan dari pemandu.Pemandu juga akan memperkenalkan diri mereka.
Setelah selesai memberi breafing pemandu akan mengajak anda berdoa bersama dan melakukan yel-yel agar menambah semangat dan kebersamaan.

breafing sebelum masuk Goa Pindul
yel-yel
Selanjutnya adalah menyusuri Goa Pindul. Sambil duduk diatas ban tubing anda akan diberi penjelasan lengkap mengenai obyek ini dari pemandu anda.

Diantar oleh Pemandu
Silahkan bertanya kepada pemandu untuk hal kurang jelas selama anda didalam Pindul.Pemandu akan siap menjawabnya. Di Zona yang pertama yaitu zona terang anda akan melihat beberapa stalaktit (batu yang tumbuh dan membesar dari atas kebawah) dan juga batu pilar (pertemuan dari batu stalaktit dan batu stalakmit (batu yang tumbuh menjulang dari bawah ke atas).
Anda juga akan melihat sumur terbalik dan sarang burung walet dan masih banyak lagi di zona pertama ini.

Zona ke-2 adalah zona remang,anda akan menjumpai stalaktit yang bergelantungan menghiasi goa.Ini adalah zona yang paling disukai oleh seorang pria dan wanita.Selain tempat yang bagus untuk berfoto diantara stalaktit dan melihat batu kristal pertama seperti yang ditunjukan pemandu dibawah ini.


Stalaktit Zona terang

Di zona ini terdapat juga batu stalakmit perkasa yang mempunyai mitos atau sugesti,jika kaum adam atau pria dewasa yang berhasil melewati atau bahkan memegang batu tersebut bisa membuat pria tersebut lebih kuat dan perkasa.Dikarenakan dibelakang batu stalakmit tersebut konon adalah tempat pertapaan.Tentu hanya untuk mereka yang mempercayainya.

Batu perkasa


Selain mitos untuk kaum Adam atau Pria,disini dizona remang ini terdapat juga mitos bagi kaum hawa atau wanita dewasa yang menginginkan awet muda atau bertambah cantik,terdapat batu stalaktit mutiara yang masih aktif.Stalaktit ini berukuran kecil,namun diperkirakan sudah berumur ratusan tahun.
Batu ini dipercaya bisa menambah kecantikan dan awet muda jika beruntung terkena tetesan air yang jatuh dari batu tersebut.

Batu Tirai

Sekali lagi itu semua hanyalah mitos,anda boleh mempercayai atau tidak.

Stalaktit Terbesar kedua


Zona kertiga yaitu zona gelap abadi,disebut zona gelap abadi sebab di zona atau ruangan ini tidak pernah  terkena sinar matahari secara langsung atau pantulan cahaya dari dinding-dinding disekitarnya.Ditempat ini hanya diterangi dengan senter pemandu saja.Pemandu akan mematikan lampu senternya jika anda berkenan, untuk mengheningkan cipta sejenak dan berdoa diruangan ini.

Ruangan yang masih dianggap sakral dan dipercaya berdoa tentang hal positif ditempat ini,akan banyak dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Jika anda tidak menginginkan untuk pemandu mematikan senternya,anda juga bisa berfoto-foto disini. Terdapat juga batu stalaktit terbesar kedua yang menghiasi zona gelap ini.Anda boleh berfose dan memegang batu tersebut dibagian yang kering.

Ada terbesar kedua,tentu ada yang terbesar pertama.Dibawah ini adalah gambar stalaktit terbesar pertama yang ada di Goa Pindul.Orang menyebutnya dengan nama Soko Guru yang menurut beberapa sumber,berarti Tiang Penyangga Goa atau bukit diatasnya.Ukuran batu Soko Guru ini adalah sekitar lima rentang tangan orang dewasa.


Soko Guru Goa Pindul

Meskipun disebut tiang penyangga Goa/bukit,setelah diteliti lebih lanjut ternyata Stalaktit terbesar di Goa Pindul ini belum menyentuh hingga dasar sungai.Dan masih menggantung sekitar 4 meter dibawah permukaan air.Mengingat kedalam di area ini berkisar 11 meter.
Batu Stalakmit Soko Guru adalah batu yang mempunyai ukuran terbesar ke 4 didunia.

Setelah melewati 3 zona tersebut anda akan melewati juga yang di sebut Zona kelelawar,dulu sebelum Goa Pindul ini dibuka sebagai Obyek Wisata,ruangan ini adalah tempat tinggal ribuan kelelawar kecil pemakan serangga atau nyamuk.Kelelawar tersebut singgah menggelantung di atap Goa.

Anda tidak perlu khawatir dengan kelelawar-kelelawar disini,karena tidak akan menyerang manusia.Justru kelelawar takut jika pemandu anda mengarahkan lampu senternya ke arah mereka.

Kelelawar tersebut mempunyai cara sendiri untuk menghiasi tempat tinggal mereka dengan membuat lukisan abstrak yang mereka buat dengan air seni mereka sendiri atau sebagai penanda daerah kekuasaannya masing-masing.

Batik kelelawar

Masih di ruangan ini anda akan melihat Stalaktit batu tirai terbesar di Goa Pindul,batu ini tersusun sama halnya dengan stalaktit yang lain,namum arah pertumbuhannya cenderung melebar hingga membentuk seperti lapisan-lapisan kain Gordin yang mirip di Jendela pintu anda. 

Batu Tirai Goa Pindul

Setelah melewati batu tirai diatas anda akan melihat cahaya yang menurut kami sangat indah,cahaya ini adalah cahaya matahari dari atas yang menembus dari pepohonan diatas bukit dan melewati Lobang Goa Vertikal.
Dijam-jam tertentu cahaya ini akan nampak jelas keindahannya.
Silahkan membaca di Momen terbaik ke Goa Pindul



Goa Vertikal Goa Pindul
Foto Goa Vertikal Goa Pindul
Lokasi ini adalah spot yang menurut kami paling bagus untuk anda mengabadikan moment. Pemandu akan mengajak anda turun dari ban tubing yang anda duduki dan mempersilahkan bermain,berenang,melompat dan mengambil gambar sepuasnya di tempat ini,jika anda berkenan.

Tidak hanya itu,anda juga bisa naik ke tebing-tebing goa untuk berfoto-foto,yang mungkin belum pernah anda lakukan sebelumya. Jika anda tidak membawa alat dokumentasi karena takut resiko rusak terkena air ataupun terjatuh anda bisa memesan jasa fotogarafer di loket tempat anda membeli tiket dari kami.
 silahkan baca: Jasa Fotografer Goa Pindul
 
Kedalaman air hanya sekitar setengah hingga 1 meter di bawah lobang Vertikal.
Dan jika anda ingin melompat sambil menguji adrenaline dari ketinggian 2 meter,air dibawahnya sekitar 3-5 m.Jadi anda tidak perlu khawatir kaki anda mengenai batu di dasar sungai.
Tentu kami melarang anda melepas jaket pelampung yang anda kenakan selama di obyek.

Setelah puas bermain di tempat ini anda akan di ajak oleh pemandu untuk menuju finish Pindul dengan berenang atau naik ban tubing lagi.Yang berjarak kuranglebih 50 meter dari Goa Vertikal tempat anda bermain.Finish dari Goa Pindul sendiri mempunyai sebutan Banyu Moto(mata air).

Terdapat sebuah bendungan yang dibuat pada jaman penjajahan Belanda dahulu,difungsikan sebagai irigasi yang selama ini mengairi sawah seluas kurang lebih 90 hektar milik petani disekitar Goa Pindul.Sillahkan tanyakan kepada pemandu anda lebih rinci tentang semua hal yang ada di Goa Pindul dan sekitarnya.Pemandu kami akan senantiasa menjawabnya.

Untuk lebih jelasnya anda harus buktikan sendiri di Goa Pindul Wirawisata.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini,silahkan menghubungi pengelola melalui kontak person di bawah,untuk mendapatkan Informasi lengkap.

Perlu diingat ulasan di atas adalah dari kami Wirawisata,karena ada beberapa Operator yang mengelola Goa Pindul ini. Mungkin dengan cara penyampaian atau alur cerita yang berbeda.

Silahkan baca lebih jauh di: WIRAWISATA 

Mengapa banyak artis dan biro jasa wisata sangat mempercayai kami sebagai operator dan fasilitator terbaik goa pindul ? Mungkin ini adalah alasannya :
Wirawisata mempunyai Fasilitas dan Pelayanan unggulan,anda bisa membaca di : Fasilitas Plus Wirawisata
 
Selain Goa Pindul, Anda bisa melanjutkan ke destinasi obyek wisata kami yang ke dua yaitu: Sungai OYO 

Sering disebut body rafting atau River Tubing Oyo, yang juga merupakan destinasi wisata andalan kami.

Biasanya kami menyajikan dalam bentuk Paket Hemat Goa Pindul dan River Tubing Oyo beserta omah Outbond dan Paket Kuliner,Paket Lengkap.
Anda bisa baca dihalaman selanjutnya website ini.

Paket-paket Lengkap Goa Pindul di sini

Berikut beberapa info khusus tentang Cave Tubing Pindul ( Goa Pindul ) :

- Tubing Gua Pindul memiliki panjang 350 meter, lebar 5 meter dengan kedalaman 5-12m.
- Gua aliran sungai bawah tanah. Memiliki 3 zona yaitu zona terang, remang dan zona    gelap.
- Waktu tempuh  kurang lebih 45 menit.
-  Terdapat Area sarang burung walet dan kelelawar.
- Debit air stabil baik musim hujan maupun kemarau aman untuk orang tua dan anak. 
artis di goa pindul
Mbak Deswinta bersama rekan - rekan artis main di WIRAWISATA
- Fasilitas sudah meliputi antara lain Pemandu, Jaket Pelampung bodyrafting, Ban tubing, sepatu air,Wedang Pindul, transportasi pajero pindul dan asuransi.
-
 Free Wifi Hotspot saat berada dilingkungan Wirawisata.




Bagi anda yang belum tahu tempat kami Silahkan menghubungi kami untuk Informasi update,debit air dan jumlah pengunjung pada saat itu.
Jika anda kesini menggunakan alat navigasi, silahkan baca Peta Goa Pindul.
 

Alamat Navigasi Kami 
(klik untuk menuju Map kami): Jl.Goa Pindul,Gelaran 2,Bejiharjo,Karangmojo,GunungKidul,Yogyakarta,Indonesia.

Layanan Informasi dan Reservasi Obyek Wisata Goa Pindul dan Gunungkidul.
Hubungi kami 24 jam:
Marketing,    xl    : 0859 5965 6561
Telkomsel    : 0813 9100 7090  
 Silahkan berinteraksi dengan kami melalui media sosial dibawah ini
Email                     : wirawisatajogja@gmail.com
Like Facebook Fanspage kami  : Goa Pindul Wirawisata
Follow Twitter   kami  :    @PINDUL_JOGJA
Instagram  :  http://instagram.com/pindul_jogja

Note : Sebaiknya jangan terpicu harga yang lebih murah di luar sana,karena harga tiket resmi di semua operator/pengelola Goa Pindul adalah sama dan sudah disepakati bersama.


Silahkan lihat di sini harga tiket masing-masing Obyeknya.
Untuk Reservasi pemesanan ticket masuk Group, Rombongan dan Paket Wisata ada potongan khusus.
Biro Jasa Wisata Tour & Travel Wellcome.

Postingan populer dari blog ini

Paket Kuliner di Goa Pindul

Reservasi Obyek Wisata Goa Pindul